Minggu, 05 Februari 2012

Tips Membuat Paspor

Yuhuuu paspor gue udah jadi. Berarti skarang tinggal fokus mengurus visa. Gue bikin paspor sendiri, ga pake calo, tapi dibantuin bokap gue sih. Gue akan share langkah-langkah membuat paspor melalui jalur yang benar, tanpa calo, dan jadi muraaah banget, ga pake lama pula.

Pertama
Ambil formulir pengisian paspor di kannwil imigrasi yang udah kamu pilih (bisa dimana aja, ga harus sesuai ktp). Pengambilan formulir ini bisa diwakilkan (gue diambilin bokap). Pada saat ini, lo harus ngasih fotokopi KTP, fotokopi buku nikah (buat yang udah nikah), copy KK, copy akte kelahiran/ijazah SMA, surat pengantar dari kantor yang menyatakan kalo lo pegawai perusahaan tsb. Formulir ini dijual seharga IDR 25ribu (untuk Kanwil Bogor, gue ga tau apakah disemua kanwil harganya sama).

Kedua
Isi formulir dengan lengkap, kalo kamu pada saat proses pertama, ngambil formulir sendiri, maka bisa langsung diisi, dan dikembalikan di hari yang sama. Karna gue diambilin, dan ngisi form di rumah, maka gue ngembaliin form in keesokan harinya. Yang ngembaliin bokap gue. Saat mengembalikan form, kita akan dikasih jadwal foto dan wawancara, biasanya sih 3-4hari kemudian.

Ketiga
Pembayaran, Foto, dan wawancara
Gue dateng jam 7 pagi ke kantor imigrasi, maksudnya biar dapet antrian pertama, karna kalo dateng siang, kita bakal ngantri parahhh, belom lagi kalo harus nungguin pegawainya istirahat. Trik gue terbukti berhasil, pas gue dateng, tu kator belom buka haha masih di-pel bo. Gue dapet antrian No.1 Yippie!

Jam 8 kantor baru dibuka, gue langsung maju ke loket pembayaran begitu dipanggil. And you know whattt, gue bayar berapa?? cuma 255,000 Rupiah aja! Gile padahal, kalo pake calo biasanya 500-700ribu. Parah banget kan?! 
Setelah bayar, gue foto dan wawancara. Proses ini kira-kira satu jam deh (karena harus nunggu dipanggil lagi). Pertanyaan pada saat wawancara juga standar banget. Apalagi yang wawancara ternyata rumahnya deket rumah gue. Doi malah sibuk nanyain kabar si Pak inilah, Pak itulah haha.


Gue cabut jam 9 lewat, pas udah di jalan, ga taunya ada telp ke hape, yang ternyata itu petugas yang tadi wawancara gue. Dia bilang paspor gue belom ditandatangan. Hadoooh kok bisa sih? Padahal gue kan harus buru-buru berangkat ke kantor. Kenapa ga di-cek dari tadi. Akhirnya gue balik lagi. Ternyata, bukan gue doang loh yang ngalamin gini. Temen gue di kantor ada juga yang ternyata kurang tanda tangan, akhirnya paspornya jadi lama selesainya. Untung si Bapak ini baik mau nelponin gue.

Satu minggu kemudian paspor jadi. Total biaya adalah Rp 25ribu (Biaya form) + Rp. 255ribu (Biaya pembuatan) = Rp. 280, 000
Waktu yang dibutuhkan : kurang lebih satu minggu


Murah banget kan?  Dan ga lama. Makanya jangan pake calo..ga ribet kok, asal niat bangun pagi dan mau bolak-balik.
Selamat membuat Paspor ^_^

0 komentar: