Minggu, 18 Maret 2012

VISA JEPANG

Yeay finally urusan Visa gue kelaaaar!
Ternyata ga serusuh yang gue bayangkan. Tapi ya ga bisa dibilang gampang juga. Karna Jepang n Amerika tuh adalah negara yang susssaaah bgt buat dimasukin. Ga sembarang turis bisa masuk. Bokap gue yang udah bertahun-tahun di travel yang bikin semuanya jadi gampang, plus dokumen-dokumen dari si Aa yang komplit, membuat mengurus visa ini jadi berjalan dengan sangat lancaaar.

Ini cerita gue ^,^
Gue akan ke Jepang atas undangan dari Family (dalam hal ini adalah suami), so si Aa lah yang menyiapkan semua dokumen-dokumennya. Gue tinggal print doank. Makasih yaa sayang. Dokumen yang harus dipersiapkan oleh pengundang adalah :
1. Invitation Letter dalam 3 bahasa (English-Bahasa-NihonGo)
2. Surat yang membuktikan hubungan keluarga (Buku Nikah/KK)
3. Surat pernyataan dari pengundang, bahwa dia akan bertanggung jawab secara finansial selama gue disana (dibuktikan dengan slip gaji dan bukti pembayaran pajak) --> nah kalo kamu ga diundang siapa2, ga punya siapa2 di Jepang, harus membawa copy buku tabungan dengan saldo terakhir minimal 30juta Rupiah!!!
4. Rencana kegiatan selama di Jepang --> harus rinci, akan tinggal di hotel mana, karna gue akan tinggal di Apartemen Aa, jadi gue ga harus ngasih bukti booking hotel
5. Bukti booking pesawat
6. Copy Allien's Registration (KTP Aa di Jepang)

Sementara dokumen yang gue persiapkan adalah :
1. Paspor
2. Copy KTP
3. Foto 4.5cm x 4.5cm latar putih
4. Form permohonan Visa

Then bokap gue yang ngasih berkas-berkas itu ke Japan's Embassy di Thamrin, bisa diwakilin kok. Biayanya 300ribu, 4hari selesai, dan waktu ngambil juga bisa diwakilin. Alhamdulillah, semua udah bereees! Can't wait to meet U, Hubby!

0 komentar: