Selasa, 29 November 2011

Ini Bukan Tentang Cepet-cepetan

Jauh dari maksud untuk menggurui atau sok bijak, gue lagi pengen share aja, karena beberapa kali mengalaminya langsung dalam kehidupan sehari-hari. Waktu gue kuliah, dan beberapa temen lulus/seminar/sidang duluan maka mereka akan bilang "cepet nyusul ya". Lalu begitu lulus dan udah kerja, mulailah satu persatu temen menikah, mereka juga bilang "cepetan nyusul donk". Begitupun dengan teman-teman yang sudah memiliki anak, mereka akan bilang "cepet punya momongan/baby donk..biar anak gue ada temennya".

Kenapa sih kita harus cepet-cepet??
Gue pribadi sih ga ada masalah dgn ucapan temen yang bilang kayak gitu. Palingan gue akan jawab "Aamiin,, Mohon doanya". Tapi jujur deh sedikit atau banyak, kita pasti jadi terpengaruh. Dan wajar aja sebenarnya kalo kita terpengaruh oleh lingkungan, selama itu bukan pengaruh negatif, its oke. Cuman gue mau ngeliat dari sisi orang yang mungkin ga biasa-biasa aja ketika nerima omongan "cepetan" itu. Karna disadari atau tidak jangan-jangan gue juga pernah nyuruh orang cepet-cepet gitu. Jadi ini adalah catatan untuk diri gue sendiri.

Misalkan kita ngomong ke orang yang lagi bikin skripsi, "cepetan donk lo nyusul gue sidang".
Iya kalo orangnya termotivasi, lah kalo orangnya malah jadi stress?? mungkin aja kan dia udah berusaha sekuat tenaga, tapi adaaa aja hambatannya buat lulus, contohnya dosen pembimbing yang lagi di luar negeri, survey yang hasilnya ternyata bertentangan dengan teori..atau jgn2 dia ga ada dana utk ngelanjutin penelitiannnya, or something else.
Okelah kalo ternyata omongan kita didengerin, dan dia emang jadi cepet lulus, tapi gimana kalo sebenernya skripsi temen kita itu bisa lebih baik, topiknya bisa lebih menarik, tujuan penelitiannya bisa lebih mendalam, cuma karena dia udah kebakaran jenggot, gegara dicepet-cepetin, jadilah skripsi itu menjadi ala kadarnya.

Trus kalo kita ngomong "Mudah-mudahan cepet nyusul gue merit ya".
Iya kalo nih temen kita udah punya pacar, kalo belom gimana?? bikin dia galau bgt kan. "Gila temen gue udah kawin, gue pacaran aja belon pernah". Atau gimana kalo ternyata temen kita ini emang udah pengen bgt nikah, tapi pacarnya masih ngumpulin modal, jadi blm ngelamar-lamar. Pasti dia bakal ribut kan ama pacarnya minta buruan dinikahin. Iya kalo pacarnya anak orang kaya dan disupply ma ortunya, tapi kalo pacarnya sampe rela ngutang sana sini buat nutupin kekurangan modal??
Lah trus gimana kalo pacarnya emang bener-bener belum mau ngelamar, mereka bisa putus gara-gara berantem.
Okelah kalo ternyata pacarnya bersedia ngelamar, trus mereka nikah, tapi gmana kalo sebenarnya mereka belum siap??jangan-jangan kita cuma jadi kompor meledug buat temen kita. Manas-manasin dia biar cepet kawin, tapi masalah kesiapan setiap orang kan berbeda-beda. Gimana kalo rumah tangga mereka jadi rumah tangga karbitan??apa kita mau bertanggung jawab?

Lalu "cepetan donk punya baby..biar anak gue ada temennya".
Nah ini ngebingungin bgt. Emangnya anak kita ga ada temen laen, kenapa mesti nyuruh temen kita bikin anak segala. Iya kalo dia udah merit, lah kalo belon?? trus dia jadi terinspirasi untuk bikin baby gimana?? or gimana kalo dia emang lagi program hamil, dan emang belum dikasih..pasti bakal bikin orang sedih kan..

Kenapa sih kita harus cepet-cepet?? Dan anehnya kenapa juga kita harus nyuruh orang lain untuk cepet-cepet?? Jangan-jangan ada nada "sombong" dibalik omongan "cepetan" itu. Percayalah, semua akan menjadi indah pada waktunya..

0 komentar: