Senin, 09 Januari 2012

Balada Rumah Impian

Dulu gue dan aa sepakat ga akan menikah sebelum kami punya rumah sendiri. Bukan apa-apa, rumah nyokap gue ga mungkin kami tumpangi. Sedangkan menurut itung-itungan gue, ngontrak rumah merupakan bentuk penghambur-hamburan uang. Kita bayar mahal, tapi ga dapet apa-apa. Mendingan uangnya buat cicil rumah pake KPR. Dan harga rumah itu kan makin tahun makin mahal sodara-sodara. Maka di awal tahun 2010 gue dan aa survey lokasi kemana-mana. Karena ga mau jauh dari rumah nyokap, maka lokasi yang gue liat adalah daerah Depok-Bogor. 

Bener deh kata orang, nyari rumah itu kayak nyari jodoh, suseeh bok! Gue kesana kemari kayak Ayu ting-ting. Ngumpulin brosur rumah sampe sekarung. Ada yang lokasinya cocok, harganya ga karuan. Ada yang harga nya bersahabat, tapi lingkungannya serem banget, kompleksnya belum jadi gitu, masih sunyi, ga ada warung, ga ada toko, ga ada tetangga, kudu naek ojek..parah deh. Tabungan gue dan aa emang ga banyak, perkiraan kami saat itu yang penting bisa buat DP rumah, dengan cicilan perbulan yang ga terlalu besar. Berbekal pengalaman gue ngitungin bunga nasabah di kantor, maka gue tau persis taktik bank dalam memberikan KPR. Jadi hindarilah mencicil dalam jangka waktu yang lama. Paling lama lima tahun deh, gedein aja DP-nya, biar beban utang ga terlalu besar. Percayalah punya utang itu ga enak. 

Gue sempet hopeless saat itu, sempet istirahat ga mau nyari-nyari dulu. Belum lagi urusan beli rumah ini paralel dengan persiapan pernikahan kami. Mumetnya double. Disaat gue lagi cooling down, tetangga nyokap gue yang udah lama pindah, nawarin rumahnya. Jadi tadinya rumah dia tu deket sama rumah nyokap gue, tapi lima tahun yang lalu mereka sekeluarga pindah, dan rumah tsb kosong. Nyokap gue dengan semangat 45 nyuruh gue beli itu rumah, karena dia emang ga rela gue tinggal jauh-jauh. Secara anaknya cuma dua ekor. 

Awalnya gue ga tertarik, karena si aa pengennya kita tinggal di Depok, bukan di Bogor. Tapi karena harga yang ditawarkan emang murah banget, dengan luas tanah yang cukup besar + lokasinya yang di hook, akhirnya aa tertarik juga buat ngeliat. Aa bilang terserah gue aja, kalo gue emang suka, yawda kita beli. Baek banget deh ini anak. Padahal gue tau aa pasti bakal tambah jauh ke kantor kalo punya rumah di sini. Rumah ini adalah rumah yang udah lama kosong, jadi kondisinya emang sangat2 membutuhkan renovasi. Ga bisa langsung ditinggalin. Gue yang awalnya bikin itung-itungan dengan asumsi bei rumah via KPR, harus merevisi kembali perhitungan pembelian+renovasi rumah ini. Karena ini adalah rumah second, maka pembayarannya ga mungkin dicicil donk, harus cash. Uang yang tadinya kita siapin buat DP rumah plus tambahan celengan di sana sini, kita pake buat beli rumah ini. Nah masalahnya, darimana nih duit buat renovasi??

Dari jaman kuliah, gue dan aa udah sering nge gambar rumah impian kami. Karena gue emang ga pernah bersentuhan sama software2 canggih yang bisa bikin rumah, maka gambar rumah idaman yang gue buat hanya berbentuk sketsa, kotak-kotak gtu doang. Nah si aa kan emang kerjaan sehari-harinya ngegambar, so dia bikin nya bagusss banget, jadi 4 dimensi gitu. Pke software nya anak-anak tekhnik, yang entah apa namanya :) 

Pas kita udah beli rumah, aa semangat banget ngerancang rumah baru kita. Nah di tahap ini gue bersyukur banget, karena rumah yang kita beli adalah rumah jelek, jadi ga sayang kan ngancurinnya. Coba dulu kita jadi beli rumah baru, yang belum tentu semua rancangannya sesuai keinginan kita.  Dan yang namanya rumah KPR tuh pasti tetep butuh renovasi. Nah mendingan kita yang renov dari awal kan. Tapi gue juga ga mau beli tanah, karena kalo bikin pondasi dari nol itu bakal mahal banget. Aa yang ngerancang semuanya. Ada beberapa ruangan yang kita rombak, ada yang masih kita pertahanin. Salah satu kamar tidurnya kita rombak jadi dapur, karena sebelumnya dapurnya kecil banget. Aa juga yang nentuin materialnya. Keren deh, si aa perfeksionis abis, detail banget peritungannya. Gue bahkan sempet curiga, jangan-jangan dia pernah jadi kuli bangunan, abis ngerti bangeeeet  hehe. Sampe-sampe tukang yang nge-renov rumah kita tuh terheran-heran. 
Suatu hari pernah aa komplen ma tukang kita, karena menurut aa, tiang bar di dapur itu ga sama lebarnya antara yang kiri dan yang kanan, padahal dia belum ngukur pake penggaris loh. Cuma ngeliat aja. Si tukang ga percaya, dia ambil meteran, dan yup! ternyata emang beda 1,5cm. ckckck 

Proses renovasi rumah ini bener-bener seru. Gue dan aa berkali-kali berantem, mulai dari berantem kecil, mpe ribut besar. Biaya pun membengkak dengat sangat gila-gilaan. Itung-itungan awal gue, palingan cukup 50juta. Ternyata kita ngabisin almost 2x lipatnya buat renov. Sumber dananya dari mana?? beuh parah deh, bener-bener pengorbanan luar biasa. Termasuk ngambil jatah biaya nikah juga. Yah ga papa deh, buat  apa resepsi mewah-mewah, toh cuma sehari, mendingan duitnya buat renov rumah. Hehe. Benerin rumah tu ga ada abisnya. Adaaa aja yang kurang. Sampe akhirnya kita berdua sepakat, ok smentara ini dulu, yang penting rumah ini udah bisa ditunggu, dan pernikahan kami juga udah semakin dekat. Saatnya fokus ngurus kawinaaan ^_^

Specification
Type                 : 45
Luas tanah        : 120 m2
Luas Bangunan :  100m2

Adapun item yang kami renov adalah :
1. 2 buah kamar mandi  kurang lebih abis Rp.7juta
2. Rangka atap baja, luas bangunan 100m, tebal baja 0,8 kurang lebih abis Rp.8juta
3. Genteng 1pcs Rp.6300, menghabiskan sekitar 1000 genteng
4. Pager minimalis, 4juta
5. Teralis *lupa harga per meternya
6. Kusen jati *Pesen langsung dari Jepara, jadi dapet harga murah
7. Dapur
8. 3 Buah kamar tidur
9. Nge-cat
10. Instalasi listrik dari awal *karena rumah lama, takut kabelnya udah ancur, jadi kita ganti semua
11. Nge-dak untuk naro Torn Air
12. Sumur air

Alhamdulillah, sebelum kami menikah rumah ini rampung. Walaupun masih sangat seadanya, tapi seneng banget pulang dari resepsi bisa langsung masuk rumah sendiri. Menurut kami ini lebih indah dari honeymoon kemanapun. Ini project pertama gue dan aa. Bener-bener dibutuhkan teamwork dan kesabaran ekstra. Setelah aa pulang dari Jepang, mungkin renovasinya akan kami lanjutkan ^,^



0 komentar: