Sabtu, 21 Januari 2012

Cooking Time: Antara Aku dan Happy Call

Happy Sunday Everybody! 
Senangnya ya besok libur imlek. Kalo kayak gini, hubungan antara gue dan hari Senin kan bisa lebih harmonis :)
Liburan kali ini gue ga kmana-mana. Abis belum gajian sih, dan hari-hari menjelang imlek tuh super bgt ujan mulu. Jadi males keluar rumah. So setelah Sabtu kemaren gue tidur dan ngenet seharian, di hari Minggu ini gue mau produktif dikit, yaitu dengan memasak. Yuhuuu its my cooking time.

Karena nyokap gue adalah maestro masak di bidang masakan-masakan tradisional, kayak rendang, semur, opor, ikan bakar, dll, maka gue mau masak yang rada beda sama yang biasa ma nyokap bikin, mau buat yang rada internasional dikit haha. Gue berencana masak cumi bakar saus tiram (internasional ga nih?). Kebetulan udah punya resepnya. Cumi nya beli di pasar tadi pagi, jadi masih seger dan gede-gede banget. Mantep nih pikir gue. Gue cuci dan bersihin pedang dan tintanya. Trus gue rendem pake peresan jeruk nipis dan garem selama 30menit biar ga amis. Setelah itu gue ungkep pake bumbu-bumbu yang udah dihaluskan dan ditumis. Nah ya sodara-sodara, satu hal yang paling bikin gue males masak tuh adalah ngalusin bumbu aka ngulek. Ulekan di rumah gue terbuat dari batu yang gede banget (emak gue pesen langsung dari Lampung, kampungnya) so itu berat bangeeeet men. Emang sih (kata nyokap gue) rasa bumbu yang diulek disitu beda sama kalo diulek di ulekan kecil atau diblender. Jadi ngulek bumbu tu jadi perjuangan berat banget hiks.

Setelah diungkep selama kira-kira 1jam, cumi-cumi ini siap masuk Happy Call Double Pan. BTW gue salut banget deh ma si Happy Call ini, jadi semenjak gue merit, gue selalu masak pake happy call, dan emang sesuai iklannya, masak jadi lebih mudah. Contohnya, waktu itu gue masak daging gule, biasanya rebus daging itukan lama banget ya. Ngabisin gas. Nah pake happy call cuma butuh 30menit aja loh! Trus bikin macaroni panggang juga jadi gampang banget. Biasanya mesti ngeluarin open listrik segala, sekarang tinggal cemplungin ke happy call, trus di bolak-balik, palingan 20 menit, jadi deh ^_^ Semua jadi lebih cepet, lebih ringkes, tinggal dibolak-balik eh jadi. Haha gue terdengar kayak Happy Salma.

Berfungsi sebagai pemanggang, si happy call ini sangat memudahkan hidup gue. Cumi-cumi tinggal di susun , oles mentega dikit, trus setiap lima menit gue bolak-balik. Dan inilah hasilnyaaaa.

Cumi Bakar ala Chef Chotty
Tips buat yang mau masak cumi :
1. Cumi adalah golongan hewan yang menipu kita melalui bentuknya. Jadi waktu gue beli tadi pagi, ni cumi segede-gambreng. Mantep banget. Nah ternyata setelah dimasak doi ciut men. Jadi kecil banget huhu. So kalo di resep bilangnya 500gram cumi untuk porsi 5 orang, setelah dimasak itu mungkin cumi tinggal 200 gram dan cuma buat 2 porsi.
2. Cumi itu amis. Rendem dulu pake perasan jeruk, biar agak ilang baunya. Dan lendir-lendirnya itu baru bisa keluar, kalo si cumi ini diiris tengahnya (tapi jangan sampai putus). Ini juga bikin bumbu lebih meresap.
3. Kalo mau bikin cumi bakar, dan lo ga punya pemanggang, pake happy call aja, its work! Hasilnya bakalan kayak dibakar kok.

Selamat Mencoba! Gong Xi Fa Choi!



0 komentar: